Untuk pengalaman yang lebih baik silakan ubah browser Anda menjadi CHROME, FIREFOX, OPERA atau Internet Explorer.
Ini Cara dan Tarif Pasang Iklan di Youtube dan Instagram

Ini Cara dan Tarif Pasang Iklan di Youtube dan Instagram

YouTube menjadi salah satu mata pencaharian selebriti tanah air dan para selebriti yang muncul karena sudah menjadi viral di YouTube itu sendiri. Saat ini, selain mendapatkan bayaran dari konten yang dibuat, para YouTuber juga bisa memperoleh penghasilan dari munculnya iklan dalam video yang ditayangkan di channel mereka.

Iklan yang ingin ditayangkan ini biasanya akan didaftarkan ke Google AdSense dan akan diberikan harga tertentu. Banyak juga yang saat ini menggunakan jasa agen digital marketing untuk membantu menayangkan iklan di YouTube tentunya dengan tambahan tarif tertentu.

Namun sebelumnya, apa saja format iklan yang bisa ditayangkan di platform YouTube? Yang pertama adalah iklan display yang ditayangkan di sudut kanan atas sebelum video yang disarankan di halaman YouTube yang sedang ditonton. Ada juga format iklan overlay, yaitu iklan yang muncul di bagian paling bawah video yang sedang ditonton dan bisa dihilangkan dengan menekan tombol “X”.

Selain itu ada iklan di dalam video yang bisa muncul di awal atau di tengah-tengah tayangan. Format iklan ini ada yang bisa dilewati setelah 5 detik dan ada yang harus ditonton sampai habis. Format yang terakhir yaitu iklan bumper yang tidak bisa dilewati dan harus ditonton selama 6 detik, bisa muncul di bagian mana saja seperti iklan di dalam video.

Semua iklan ini pun dikenakan tarif berdasarkan jumlah tayangan yang diinginkan oleh pemilik produk jika menggunakan jasa agen digital marketing. Semisal, jika memilih waktu tayangan selama 2 minggu akan dikenakan tarif mulai Rp 392.000 hingga 1.750.000.Semua iklan ini pun dikenakan tarif berdasarkan jumlah tayangan yang diinginkan oleh pemilik produk jika menggunakan jasa agen digital marketing. Semisal, jika memilih waktu tayangan selama 2 minggu akan dikenakan tarif mulai Rp 392.000 hingga 1.750.000.

Kemudian, jika ingin ditayangkan selama satu bulan akan dikenakan tarif mulai dari Rp 810.000 hingga Rp 3.655.000 dan jika ingin ditayangkan selama 3 bulan berturut turut akan dikenakan tarif mulai Rp 2.430.000 hingga Rp 5.425.000.

Kisaran harga tersebut tentu berbeda di tiap agen jasa digital marketing. Kamu bisa pilih tergantung kemampuan atau jika ingin harga yang lebih miring, kamu bisa langsung mengakses Google AdSense dan mengurus iklanmu.

Begini Cara Pasang Iklan di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini digandrungi masyarakat Indonesia. Melihat fenomena itu, sejumlah pebisnis pun berlomba-lomba memasarkan produknya di Instagram.

Instagram memiliki berbagai fitur kreatif yang dapat dimanfaatkan oleh sebuah brand untuk menjangkau audiens mereka, mulai dari Feed, Stories, LIVE, hingga IGTV, tersedia bagi akun personal maupun akun bisnis untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggannya.

Selain itu, Instagram juga memberikan kesempatan bagi para pebisnis untuk beriklan. Di media sosial ini, iklan dibagi menjadi lima jenis, yakni iklan cerita (stories), iklan foto, iklan video, iklan carousel dan iklan koleksi.

Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati mengatakan, beriklan di Instagram caranya cukup mudah. Untuk membuat iklan, para pebisnis harus terlebih dahulu membuat akun bisnis Instagram.

“Biasanya akun bisnis Instagram terhubung dengan akun Facebook. Dari situ baru bisa beriklan. Jadi ada informasi-informasi tertentu yang harus diisi akun bisnis instagram sesuai dengan keperluan dari bisnis tersebut, misalnya alamat, nomor telepon dan deskripsi bisnisnya,” ujar wanita yang akrab disapa Wido itu di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Selain mudah, lanjut Wido, beriklan diinstagram pun harganya cukup terjangkau. Sebab, iklan yang dibuat akan bergantung dengan anggaran yang Anda siapkan.

“Kita enggak ada range harganya. Tergantung yang ingin dicapai, jumlah orang yang ditarget yang akan menentukan harganya. Harganya yang menentukan bukan kita, tapi oleh mesinnya sendiri,” kata Wido.

Berikut langkah-langkah yang harus disiapkan jika ingin beriklan di Instagram.

1. Buat Fanpage di Facebook

Agar bisa beriklan di Instagram, Anda harus menbuat Fanpage di Facebook terlebih dahulu. Dengan fanpage ini, nantinya Anda tidak hanya beriklan di Facebook saja tetapi juga bisa sekaligus di Instagram.

2. Pilih Create Ads

Setelah membuat Fanpage, Anda bisa langsung mengunjungi Ads Manager Facebook, lalu pilih “Create Ads” di bagian kanan atas.

3. Pilih tujuan beriklan

Setelah memilih Creats Ads, Anda akan disuguhkan tiga kategori tujuan beriklan; Awareness, Traffic, dan Conversion. Agar bisa beriklan di Instagram, Anda harus memilih kategori yang mendukung Instagram Ads, diantaranya; Brand Awarenss, Reach, Traffic, App Installs, Engagement, Video Views, dan Conversions.

4. Tentukan target audiens, anggaran, dan jadwal iklan

Selanjutnya Anda akan diminta untuk menentukan target audiens, berapa budget Anda, dan jadwal penayangan iklannya. Di kolom target audiens nanti, Anda bisa menentukan letak geografis, usia, gender, hobi, bahasa, dan spesifikasi lainnya untuk penerima iklan.

Lalu, Anda akan diminta menentukan berapa biaya yang mau dikeluarkan untuk iklan tersebut. Setelah itu, Anda juga akan diminta mengisi jadwal kapan dan berapa lama iklan ditayangkan.

5. Format iklan

Selanjutnya, Anda akan diminta memilih format penayangan, lalu unggah gambar yang dikehendaki, dan menyertakan keterangan gambar. Pada saat menulis keterangan, di kolom atas ada pilihan “Instagram Account” dan masukkan username dan password.

Jangan lupa untuk memilih call-to-action button dan memasukkan URL yang akan ditampilkan di Instagram Ads nanti. Setelah itu, iklan yang ditayangkan di Facebook akan otomatis tampil pula di Instagram Anda.

Tinggalkan komentar


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

jual beli online

Lowongan kerja

jodoh online
Top